Kumpulan Permainan Dalam Kelas yang Menyenangkan

Diposting pada

Siapa yang tidak suka bermain game di kelas? Permainan tidak hanya menyenangkan, interaktif dan sosial, tapi juga alat bantu untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pada artikel ini kami akan membagikan kumpulan permainan di dalam kelas yang menyenangkan. Semoga dapat bermanfaat.

Tapi sebelumnya, mungkin banyak diantara para guru yang berpendapat bahwa permainan lebih terlihat mengganggu daripada sebagai media pembelajaran. Mungkin juga ada yang takut apabila kepala sekolah tiba-tiba masuk kelas dan mendapati anak-anak dan guru sedang bermain. Lalu berkata “mmm, Bapak/Ibu mengapa murid-murid pada bermain daripada belajar?

Namun disisi lain, permainan di dalam kelas sebenarnya dapat memecahkan suasana yang kaku. Pembelajaran di kelas yang penuh dengan hafalan dan hitungan terkesan sangat membosankan. Melalui permainan yang menyenangkan, siswa akan merasa nyaman untuk berada di kelas sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Kami yakin apabila anak cinta terhadap guru dan pelajaran maka mereka akan lebih dalam cepat menangkap materi pelajaran. Akhinya anak-anak akan lebih berprestasi lagi. Berikut ini contoh permainan di dalam kelas yang dapat dipraktekkan.

Semua permainan ini bisa dimainkan, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, baik untuk siswa kelas atas ataupun bawah. Permainan ini juga dapat disesuaikan dengan  materi pelajaran yang akan disampaikan.

    1. Buzz
      Mintalah siswa untuk berdiri dan membentuk sebuah lingkaran. Setiap orang bergantian mengatakan sebuah angka yang dimulai dengan 1, 2, 3 dan seterusnya. Tentu saja, ada aturannya. Pada setiap nomor dengan 4 di dalamnya atau kelipatan 4, orang tersebut perlu mengatakan BUZZ dan bukan nomornya. Orang berikutnya hanya melanjutkan seri seperti biasa.Misalnya: 1 – 2 – 3 – buzz – 5 – 6 – 7 – buzz – 9 – 10 – 11 – buzz – 13 – buzz – 15 – buzz – 17 – …
      Ketika siswa sudah mulai memahami permainannya, guru dapat membuat variasi angka pertama bisa dimulai dari sembarang angka. Atau dengan mengubah angka kelipatan dan buzz nya.
    2. Body Letter
      Pisahkan kelas Anda menjadi kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok). Setiap kelompok harus memikirkan akronim tentang apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. Akronimnya tidak boleh lebih panjang dari jumlah orang dalam kelompok. Jika ada 4 orang dalam kelompok, akronimnya hanya memiliki 4 huruf.Ketika mereka menemukan akronim, kelompok harus menggunakan tubuh mereka untuk mengeja huruf-hurufnya. Kelompok lain harus mendiskusikan seperti apa hurufnya.
      Misalnya: Ketika selesai menjelaskan fotosintesis, kelompok 1 membuat akronim CO2 yang berarti karbondioksida.Dengan energizer ini, Anda dapat melihat apa yang diingat oleh siswa Anda dan memberi siswa alat bantu untuk terus berkembang.
    3. Pink Toe
      Guru menyebutkan sebuah warna dan bagian tubuh. Siswa harus menemukan benda di ruangan yang memiliki warna itu dan kemudian menyentuh benda dengan bagian tubuh yang dipilih. Misalnya, jika guru memanggil “hidung merah”, siswa perlu menemukan benda yang berwarna merah dan menyentuhnya dengan hidung mereka. Guru terus memanggil warna dan bagian tubuh.
      Untuk membumbui semuanya, Anda bisa menambahkan unsur kompetisi ke game ini. Siswa yang terlalu lamban dalam menyelesaikan tugas dapat diminta untuk duduk. Siswa terakhir yang tersisa adalah pemenangnya.
    4. Galeri Olahraga
      Galeri olahraga adalah contoh energizer yang sangat intensif. Guru mengatakan keterampilan olahraga yang berbeda. Para siswa harus menirukan apa yang disebutkan oleh guru setidaknya selama 10 detik. Setelah beberapa saat guru mempercepat tempo. Beberapa keterampilan olahraga yang bisa dugunakan oleh guru:
      Menembak sambil melompat
      Juggling sepak bola
      Menari seperti balerina
      Memukul bola kasti
      Mengayunkan tongkat golf
      Meninju
      Tenis
      Menembak panah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *