Pengertian Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Diposting pada

Guru profesional

Pendidikan Profesi Guru atau biasa disingkat PPG merupakan pendidikan tinggi yang ditempuh oleh sarjana untuk memenuhi kualifikasi sebagai guru profesional. Adapun setelah lulus PPG, peserta berhak memperoleh sertifikat pendidik dan mendapat gelar Gr. Program ini adalah implementasi dari telah disahkannya UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Lulusan PPG diharapkan menjadi guru-guru yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman.

Program Profesi Guru terdiri dari PPG pra jabatan dan PPG dalam jabatan. PPG pra jabatan ditujukan kepada para sarjana yang ingin menjadi guru, namun belum mengajar secara resmi di sekolah. Sementara PPG dalam jabatan ditujukan kepada para guru yang sudah mengajar di sekolah.

Pendidikan profesi guru tidak hanya ditujukan kepada para sarjana pendidikan, namun juga kepada para sarjana yang keahliannya serumpun dan berminat menjadi guru dapat mendaftarkan diri.

Adapun belajar pendidikan profesi guru adalah sebagai berikut:

  1. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan TK atau RA atau TKLB atau bentuk lain yang sederajat yang berlatar belakang S-1 atau D-IV kependidikan untuk TK atau RA atau TKLB atau bentuk lain yang sederajatadalah 18 (delapan belas) sampai dengan 20 (dua puluh) satuan kredit semester.
  2. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan SD atau MI atau SDLB atau bentuk lain yang sederajat yang berlatar belakang S-1 atau D-IV kependidikan untuk SD atau MI atau SDLB atau bentuk lain yang sederajat adalah 18 (delapan belas) sampai dengan 20 (dua puluh) satuan kredit semester.
  3. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan TK atau RA atau TKLB atau bentuk lain yang sederajat yang berlatar belakang S-1 atau D-IV kependidikan selain untuk TK atau RA atau TKLB atau bentuk lain yang sederajat adalah 36 (tiga puluh enam) sampai dengan 40 (empat puluh) satuan kredit semester.
  4. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan SD atau MI atau SDLB atau bentuk lain yang sederajat yang berlatar belakang S-1 atau D-IV kependidikan selain untuk SD atau MI atau SDLB atau bentuk lain yang sederajat adalah 36 (tiga puluh enam) sampai dengan 40 (empat puluh) satuan kredit semester.
  5. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan TK atau RA atau TKLB atau bentuk lain yang sederajat dan pada satuan pendidikan SD atau MI atau SDLB atau bentuk lain yang sederajat yang berlatar belakang sarjana psikologi adalah 36 (tiga puluh enam) sampai dengan 40 (empat puluh) satuan kredit semester.
  6. Beban belajar untuk menjadi Guru pada satuan pendidikan SMP atau MTs atau SMPLB atau bentuk lain yang sederajat dan satuan pendidikan SMA atau MA atau SMALB atau SMK atau MAK atau bentuk lain yang sederajat, baik yang berlatar belakang S-1 atau diploma empat D-IV kependidikan maupun S-1 atau D-IV nonkependidikan adalah 36 (tiga puluh enam) sampai dengan 40 (empat puluh) satuan kredit semester.

Setelah melaksanakan kuliah dan program praktik lapangan, para peserta diberikan Ujian Tulis Nasional sebagai syarat lulus mengikuti program pendidikan profesi guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *