Soal Latihan UTN PPG PGSD

Diposting pada

pendidikan profesi guru

Pada hakikatnya program PPG merupakan pendidikan yang mempersiapkan lulusannya untuk menyelenggarakan layanan ahli kependidikan. Agar mampu menyelenggarakan layanan ahli, peserta PPG dituntut untuk memiliki, menguasai, dan mampu menerapkan kompetensi akademik dan kompetensi profesional. Latihan Soal menghadapi UTN PGSD perlu dilakukan oleh peserta PPG. Dengan demikian program PPG merupakan pendidikan yang bertujuan mempersiapkan peserta agar menguasai kompetensi dasar profesi guru sehingga layak dan siap mengemban tugas sebagai guru yang profesional.

Uji kompetensi sebagai ujian akhir PPG terdiri atas ujian tulis dan ujian kinerja. Uji tulis terdiri dari Uji Tulis LPTK (UTL) dan Uji Tulis Nasional (UTN). Ujian ini ditempuh setelah peserta lulus dalam kegiatan workshop dan PPL. UTL dilaksanakan oleh program studi/jurusan penyelenggara, sedangkan UTN diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa.

Uji kinerja dilaksanakan oleh program studi/jurusan dengan melibatkan organisasi profesi dan atau pihak eksternal yang profesional dan relevan. Peserta yang lulus uji kompetensi memperoleh sertifikat pendidik bernomor register yang dikeluarkan oleh LPTK.

Uji kompetensi dilaksanakan di akhir Program PPG. Apabila peserta belum lulus pada uji kompetensi, diberi kesempatan dua kali uji kompetensi ulang. Jika sampai dengan uji kompetensi ulang yang kedua belum lulus, peserta diberi kesempatan mengikuti uji kompetensi ulang dengan biaya sendiri dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak yang bersangkutan terdaftar sebagai peserta PPG. Uji kompetensi ulang tersebut dilaksanakan oleh Ditjen Belmawa bertempat di LPTK yang ditunjuk.

Untuk mempersiapkan Ujian Tulis Nasional (UTN) PPG PGSD, kami telah menyusun soal latihan UTN PPG PGSD. Soal dapat di download di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *