Syarat Kelulusan PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Diposting pada

pendidikan profesi guru

Pendidikan profesi guru dinilai begitu ketat oleh para peserta. Tidak jarang peserta yang mengeluh karena kurang istirahat. Namun sebagai calon pendidikan yang profesional, mereka tetap berjuang menempuh pendidikan. Untuk dapat lulus program PPG dan mendapatkan sertifikat pendidik, peserta harus memenuhi syarat dan kriteria berikut:

  1. Mempunyai kedisiplinan dalam mengikuti kegiatan workshop, PPL, dan kegiatan akademis lainnya, termasuk kegiatan di asrama, tidak mangkir untuk mengikuti berbagai kegiatan, sesuai peraturan yang ada.
  2. Menjaga etika dan kepribadian selama mengikuti kegiatan workshop, PPL, dan kegiatan akademis lainnya, dan selama peserta tinggal di asrama. Tidak pernah melanggar peraturan, tata-tertib, dan etika yang ada.
  3. Mencapai nilai kelulusan minimal pada kegiatan workshop, PPL, dan uji kompetensi. Penilaian dalam kegiatan workshop, PPL, dan uji kompetensi serta penentuan kelulusannya diuraikan dalam subbab berikut.

Penentuan Kelulusan Peserta PPG

Penentuan kelulusan peserta PPG dilakukan dengan rumus penilaian berikut :

Keterangan :
NK = Nilai Kelulusan PPG
W = Nilai Workshop
P= Nilai PPL
UTL = Uji Tulis LPTK
UTN = Uji Tulis Nasional
UK = Uji Kinerja

Kelulusan aspek akademik ini ditetapkan sebagai berikut:
1. Nilai NK minimal 76
2. Nilai UTL minimal 76
3. Nilai UTN minimal 76

Uji Kompetensi terdiri dari UTL, UTN, dan UK. Peserta yang lulus uji kompetensi memperoleh sertifikat pendidik bernomor register yang dikeluarkan oleh LPTK. Uji kompetensi dilaksanakan di akhir Program PPG. Apabila peserta belum lulus pada uji kompetensi, diberi kesempatan dua kali uji kompetensi ulang. Jika sampai dengan uji kompetensi ulang yang kedua belum lulus, peserta diberi kesempatan mengikuti uji kompetensi ulang dengan biaya sendiri dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak yang bersangkutan terdaftar sebagai peserta PPG. Uji kompetensi ulang tersebut dilaksanakan oleh LPTK yang ditunjuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *